Bugil ala Femen, Gadis Tunisia Ditangkap


Bugil ala Femen, Gadis Tunisia Ditangkap
 
 
Bugil ala Femen, Gadis Tunisia Ditangkap
Hidayatullah.com—Setelah beberapa bulan bersembunyi, gadis Tunisia yang menanggalkan pakaiannya untuk melakukan protes meniru kelompok feminis asal Ukraina, Femen, akhirnya ditangkap pihak berwenang dengan tuduhan melakukan “tindakan provokatif.”
Amina Tyler, 19, ditangkap di pusat kota Kairouan, Tunisia, pada hari Ahad (19/5/2013) dengan tangan diborgol.
Tyler sebelumnya mengaku sebagai anggota kelompok feminis Femen, yang menggunakan aksi bugil dalam protesnya, lansir Al-Arabiya (21/5/2013).
Para saksi mengatakan, dia diduga menorehkan tulisan “Femen” di tembok dekat masjid terbesar setempat dan berniat menggantung spanduk di tembok itu, sebelum akhirnya sekelompok orang memergokinya dan menyuruhnya pergi.
Dalam rekaman video yang diunggah situs Nawaat, Tyler dengan rambut cepak disemir blonde terlihat memegang spanduknya dan dibawa pergi dengan mobil oleh polisi, sementara orang-orang ramai mengejarnya.
Jurubicara Kementerian Dalam Negeri Tunisia, Muhammad Ali Aroui, menyebut apa yang dilakukan Tyler sebagai tindakan provokatif dan gadis itu sedang menjalani pemeriksaan. Wanita muda itu bisa jadi dijerat hukum akibat tindakannya hari Ahad kemarin.
Pada bulan Maret lalu, Tyler memajang foto telanjangnya yang bertuliskan “tubuhku adalah milikku” dengan dandanan menor dan memegang sebatang rokok. Dia memiliki sejumlah foto serupa lainnya. Akibat tindakan bejatnya itu, Tyler dikecam banyak orang, sehingga keluarga mengirimnya ke rumah kerabat di luar ibukota, sebelum gadis itu kabur sembunyi bersama teman-temannya.
Satu bulan kemudian Tyler berusaha untuk pergi meninggalkan Tunisia.

Teman-teman feminisnya dalam jaringan Femen pun melakukan aksi solidaritas dengan melancarkan kampanye “Bebaskan Amina”.
Kampanye anti-islam oleh feminis itu pun mendapat aksi balasan dari wanita Muslim di seluruh dunia yang menggunakan berbagai situs jejaring sosial lewat kampanye #MuslimahPride.*
Rep: Ama Farah
Red: Dija

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu