Jalan Kalimalang Bekasi Diperlebar, Juni


Jalan Kalimalang Bekasi Diperlebar, Juni



Jalan Kalimalang, Bekasi yang semakin padat oleh pengendara (ANTARA/Yudhi Mahatma)
Bekasi, GATRAnews- Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengalokasikan anggaran 2,5 miliar untuk proyek pelebaran Jalan KH Noer Alie, Kalimalang, Kota Bekasi, pada Juni 2013, untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas.


"Pelebaran jalan itu dilakukan dengan menambah akses jalan sisi Kalimalang sepanjang 3,5 kilometer, mulai dari simpang Ahmad Yani hingga Sumber Artha," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Pemkot Bekasi, Tri Adiyanto, di Bekasi, Selasa (14/5).

Menurut Tri, sebagaimana dilaporkan Antara, dana tersebut akan diperuntukkan bagi pembangunan fisik jalan dengan sistem beton, yang sampai saat ini prosesnya masih dalam tahap lelang. "Pengerjaan fisiknya bisa berjalan pada Juni," katanya.

Kegiatan itu sudah tidak memerlukan lagi biaya pembebasan, karena seluruh lahannya merupakan milik Perum Jasa Tirta. "Tahun ini tinggal menyambung dari depan Rumah Sakit Global Awal Bros, masing-masing dilebarkan 7 meter," katanya.

Tri menjelaskan, jalan tersebut merupakan proyek pemerintah pusat yang terintegrasi, mulai dari simpang Ahmad Yani, Kota Bekasi, hingga Cawang, Jakarta Timur.

Di jalur tersebut, kata dia, nantinya akan dibangun pintu tol Bekasi Barat III, sehingga kendaraan yang keluar tak perlu lagi tertumpuk di Jalan Ahmad Yani.

Realisasi jalur tersebut diproyeksikan dapat mengurai kemacetan lalu lintas di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan dan sejumlah persimpangan di sepanjang jalur Kalimalang.

"Nantinya Jalan KH Noer Alie ini akan dipisahkan oleh aliran Kalimalang di bagian tengahnya. Dua badan jalan yang terpisah akan dibuat tiga lintasan, dua ke arah Jakarta, dan satu arah ke Kota Bekasi," katanya.

Parkir kendaraan yang saat ini berada di depan Metropolitan Mal Bekasi, kata dia, akan dihapuskan supaya tidak menggangu arus lalu lintas. (TMA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu