Presiden Direktur PT Freeport Temui DPR


MIRichard Adkerson--REUTERS/Brendan McDermid/bb



Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Direktur PT Freeport Mc Moran AS Richard Adkerson dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto menemui Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso, Rabu (22/5).

Pertemuan akan menjelaskan peristiwa runtuhnya terowongan fasilitas pelatihan PT Freeport Indonesia di Timika, Papua.

Kehadiran Presiden Direktur PT Freepor juga didampingi Gubernur Papua Lukas Enembe. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah anggota DPR RI asal Papua seperti Yorrys Raweyai, Manuel Kaisiepo, dan Peggi Patricia Pattipi.

Priyo menceritakan, dirinya telah mengunjungi tanah Big Gossan, pekan lalu. Di mana, terowongan tempat terjadinya musibah tersebut berada 500 meter dari permukaan tanah dan benar-benar di perut bumi.

Rombongan Dewan sempat masuk bersama Presiden Freeport Indonesia dan AS. Sebanyak 200 orang dari PT Freeport bekerja 24 jam mencari korban selamat. Mereka menyemprotkan oksigen dan mengebor alat untuk mendeteksi apakah masih ada tanda-tanda kehidupan. DPR pun mengapresi kenerja mereka.

"Kami apresiasi atas tindakan PT Freeport. Kami menyatakan duka cita kepada para keluarga,"kata Priyo di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Priyo ingin memastikan korban mendapat asuransi dan memberi jaminan putra korban sekolah hingga perguruan tinggi serta bekerja di PT Freeport.

"Jika seandainya dari hasil inpeksi dan investigasi terdapat kelalaian kooperasi, saya minta Freeport tidak lepas dari tanggung jawabnya. Tapi jika menyimpulkan lain misalnya musibah tetap kami menyerukkan tanggung jawab sosial,"kata dia.

DPR juga meminta terowongan Big Gossan sepanjang 250 kilometer dicek ulang. Pasalnya kondisi di sana seperti spiral.  
Laporan: Andhini

Editor: Edwin Tirani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu