WHO Bantu Saudi Atasi Coronavirus Sebelum Haji


 WHO Bantu Saudi Atasi Coronavirus Sebelum Haji
 
Hidayatullah.com—Organisasi Kesehatan Dunia WHO hari Jumat (25/5/2013) mengatakan akan menangani kasus penyebaran Coronavirus lebih jauh bersama dengan pemerintah Arab Saudi sebelum pelaksanaan haji tahun ini.
WHO, yang hingga saat ini belum merekomendasikan ketentuan pembatasan perjalanan ke Saudi atau pemeriksaan infeksi virus atas penumpang yang tiba di bandara, akan mengirimkan dua tim ahli dalam pekan-pekan mendatang, kata Dirjen WHO Margaret Chan.
Chan menjelaskan, peringatan bagi para pelancong belum bisa diberikan, sebab belum ada pemeriksaan seksama terhadap infeksi virus yang menyerupai SARS itu. Tanpa pemeriksaan seksama tidak dapat diketahui berapa lama masa inkubasi virus, apa saja gejala dari penyakit yang ditimbulkannya dan bagaimana manajemen medisnya, lansir Arab News Sabtu (25/5/2013).
Masih banyak pertanyaan yang muncul seputar cara penyebaran Coronavirus tersebut dan apa vektornya, serta kemungkinan penyebarannya dari hewan ke orang yang bersentuhan dengannya. Pejabat kesehatan Saudi dan WHO mengatakan, sudah ada penularan antar manusia, tetapi hanya terjadi di mana ada kontak yang dekat dan berlangsung lama.
Arab Saudi akan mengirimkan contoh dari hewan-hewan yang diduga terinfeksi virus mematikan itu ke Amerika Serikat untuk dilakukan tes guna mencari sumber penyakit. Kementerian Kesehatan Saudi telah mengambil banyak contoh dari hewan seperti kelelawar, unta, domba dan kucing.
Wabah penyakit mirip SARS yang saat ini disebut sebagai Middle East Respiratory Syndrom Coronavirus (MERS-CoV) itu menyebabkan penderitanya mengalami batuk-batuk, demam dan pneumonia. Muncul di Arab Saudi sejak akhir tahun lalu dan diketahui telah menjangkiti 33 orang dan membunuh 17 orang. Menurut WHO, di seluruh dunia saat ini terdapat 44 kasus infeksi dan 22 orang meninggal karena MERS-CoV, lansir Reuters Jumat (24/5/2013).*
Rep: Ama Farah
Red: Dija

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu