Ingin Lancar Berbicara Inggris? Benahi 'Software' pada Otak


Ingin Lancar Berbicara Inggris? Benahi 'Software' pada Otak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tak sedikit yang menganggap belajar bahasa Inggris itu merupakan momok menakutkan. Apalagi ketika diterangkan soal pola kalimat bahasa Inggris bak rumus matematika.
Hal itu selanjutnya menumbuhkan sugesti sehingga menjadi mental block bagi seseorang ketika mempelajarinya. Ketika ini terjadi, maka semakin sulit seseorang belajar.
Pendiri Lembaga Pendidikan Bahasa Mantika Center, Adam Hidayat mengungkap kesulitan mempelajari bahasa Inggris itu sebenarnya berasal dari diri sendiri. Bukan karena kepelikan bahasa itu.
Terkait dengan belajar bahasa, maka masuk pada pikiran bawah sadar.  Nah, mental block yang disebutkan tadi itu diproses dalam pikiran bawah sadar. Mental block itu ibarat data, yang masuk ke software (bawah sadar) lalu data itu dianggap benar oleh diri kita sendiri. Itulah yang menyebabkan seseorang kesulitan berbahasa Inggris.
Seperti halnya software pada piranti komputer, kata Adam, ketika dalam kondisi rusak bisa diperbaiki dan dioptimalkan sesuai dengan keinginan. Nah, prinsip yang sama juga dilakukan pada otak manusia. Mental block yang menghalangi kemampuan mempelajari bahasa bisa dihilangkan.
Mental block ini bisa dihilangkan dengan menggunakan metode hipnosis. Metode ini merupakan sarana untuk menjangkau pikiran bawah sadar seseorang. Itu bisa dilakukan dengan menciptakan suasana relaksasi yang dibarengi dengan memasukan sugesti positif secara berulang-ulang.
Selesai disugesti, barulah diberikan materi bahasa Inggris. Pemberian materi ini menggunakan teknik khusus, yaitu tekni yang menggabungkan komunikasi dan gerak.
Adam mengungkap dengan cara ini, mereka yang baru belajar akan dengan muda menguasai bahasa Inggris dalam waktu dua hari. Namun, untuk memperkuatnya mereka yang belajar jangan sampai berhenti. Artinya, kemampuan ini perlu diasah.

Videographer: Agung Sasongko
Reporter : Agung Sasongko
Redaktur : Sadly Rachman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu