Reuni CR7 dan Martunis, Duta Mangrove serta Tsunami Aceh

Reuni CR7 dan Martunis, Duta Mangrove serta Tsunami Aceh

acehfootball.com ─  
Berkunjung ke Bali sebagai Duta Mangrove, Cristiano Ronaldo mendapat kejutan bertemu dengan Martunis. Keduanya pernah bertemu pada tahun 2005 lalu. Martunis adalah korban selamat dari bencana tsunami di Aceh pada tahun 2004 silam.
Martunis sendiri mengaku senang bisa kembali bertemu bintang pujaannya Cristiano Ronaldo dan juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Teukeujot wate kalon lon, ban ditren lama moto langsong di wa-wa lon –Dia seperti kaget melihat saya, begitu dia turun dari mobil, langsung memeluk saya,” cerita Martunis kepadaACEHFOOTBALL.com.
Dalam pertemuan singkat karena ketatnya protokoler kepresiden itu, Martunis mengaku tidak banyak berbicara, hanya sapaan akrab saja. Namun, menatap kembali ‘koleganya’ dengan begitu dekat serta pelukan hangat, diakuinya sudah cukup mengingatkan kembali memori mereka.
Setelah bertemu antara 30 Mei – 4 Juni 2005 di Portugal dan Sabtu (11/6/2005) di Banda Aceh, keduanya tak pernah bersua lagi. Kecuali saat sebuah stasiun televisi Portugal mengirim krunya memantau perkembangan Martunis sekira awal tahun 2007.
Saat itu, dia mengirim selembar surat kepada Ronaldo melalui reporter Tv Portugal. Surat selanjutnya lewat kedutaan besar Portugal di Jakarta. Yang pasti, tak ada balasan sampai dia sudah bertatap muka kembali dengan “abang angkatnya” Rabu (26/6/2013) di Bali.
Bahkan menurut SBY, Martunis adalah inspirasi Ronaldo untuk bersedia menerima tawaran menjadi Duta Mangrove.
“Martunis, warga Aceh yg selamat dr tsunami krn tersangkut Mangrove. Ia menginspirasi C. Ronaldo sbg Duta Mangrove,” kicau SBY melalui akun twitternya @SBYudhoyono, Rabu (26/6).
Kicauan SBY itu diamini oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan pengusaha pemilik Artha Graha Group, Tomy Winata. Keduanya sepakat jika Martunis menjadi inspirasi Ronaldo untuk memberikan perhatiannya kepada Indonesia.
Menteri Kehutanan itu menjelaskan, jika mengurut waktu kembali pada 2005, maka kita akan maklum mengapa CR7 jatuh cinta pada bakau. Selepas bencana alam masif tsunami Aceh, dunia dikejutkan dengan “temuan” bocah Aceh yang selamat, sempat terapung-apung di batang kelapa.
Bocah itu, Martunis, bocah 3 SD saat itu, selamat dari terjangan gelombang tsunami raksasa itu setelah terombang-ambing selama 19 hari sampai akhirnya tersangkut di kerapatan hutan bakau setempat.
Sebetulnya, kisah Martunis ini bukan hal cukup aneh dalam musibah-musibah seperti itu.
Yang menyentuh hati CR7 saat itu –menyaksikan berbagai laporan media massa internasional kala itu– adalah bahwa Martunis memakai kaus Tim Nasional Portugal bernomor 7 dan bertuliskan nama “Ronaldo” di punggungnya, saat dia ditemukan dan diselamatkan.
Artinya: Martunis fans Ronaldo, dan bocah Aceh itu mengerti alias paham kiprah Ronaldo selama itu. “Dari sana Ronaldo dekat dengan Martunis dan mangrove,” kata Hasan. Mangrove atau bakau dalam bahasa Indonesia, telah menyelamatkan nyawa seorang Indonesia.
Saat datang ke Aceh, tidak lama setelah Martunis ditemukan dan diselamatkan, Ronaldo menyempatkan menemui dia di Aceh dan memberinya beasiswa untuk sekolah.
“Martunis dulu dikasih handphone oleh Ronaldo, tapi handphone-nya hilang,” tutur Hasan.
Di mana Martunis saat ini? Di sela acara itu, Hasan kemudian memanggil Martunis yang kini sudah remaja dan gemar bermain sepak bola.
“Ini dia Martunis. Ayo ke depan salaman dengan Bapak Presiden dan Ronaldo,” katanya. Martunis pun maju dan menyalami Yudhoyono dan Ronaldo.
Dalam sambutan singkatnya, CR7 berkata-kata, “Terima kasih kepada Presiden SBY. Saya senang datang ke Indonesia. Semoga acara saya di Bali ini dapat meningkatkan pesan penyelamatan mangrove.”
Mengacu pada catatan lama redaksi ACEHFOOTBALL.com, kaos yang dipakai Martunis pada pagi Minggu (26/12/2004) memang replika baju Timnas Portugas dengan nomor punggung 10 atas nama Rui Costa.
Yang memuat emosi Ronaldo bagai diaduk-aduk gelombang adalah masih melekatnya baju timnas Portugal di badannya meski sudah 19-21 hari mengapung di kawasan Kuala, dekat komplek makam Syiah Kuala. editor: Indra  Sumber: antara

Ronaldo memaparkan alasan dirinya bersedia didaulat sebagai Duta Mangrove di Bali seperti yang di muat dalam "INILAH.COM", Badung - Megabintang Cristiano Ronaldo memaparkan alasan dirinya bersedia didaulat sebagai Duta Mangrove di Bali. Apa itu?


Ronaldo hadir di Bali hari ini, Rabu (26/6/2013) WITA, sebagai duta Magrove di Bali. Pemain berkebangsaan Portugal itu hadir di lokasi konservasi Hutan Mangrove, Telaga Waja, Benoa, Bali, Rabu (28/6/2013) sekitar pukul 09.55 WITA. CR7 didampingi oleh Pengusahan Tommy Winata, selaku pemilik yayasan Artha Graha Peduli.

Mantan penggawa Manchester United itu terlihat semringah ketika menanam pohon Mangrove bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan membeberkan alasan Ronaldo bersedia menjadi duta Mangrove di Bali.

"Semuanya berawal dari tsunami Aceh dan anak bangsa bernama Martunis asal Aceh. Peristiwa inilah yang menyebabkan Ronaldo sangat cinta terhadap mangrove dan mau dipilih menjadi duta mangrove Bali," ujarnya di Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali Rabu (26/6/2013).

Ketika Tsunami Aceh 2004 lalu, Martunis duduk di kelas III Sekolah Dasar dan kehilangan orang tua, adik-adik, serta keluarga besarnya.

Martunis terkatung-katung di tengah laut selama 9 hari dan tersangkut di pohon mangrove dengan mengenakan baju kaus bernomor punggung 7, bertuliskan Cristiano Ronaldo.

Penemuan Martunis yang terapung di tengah laut dan tersangkut di pohon bakau tersebut diberitakan media Internasional dan diketahui Ronaldo dan keluarganya.

Usai menyimak berita tersebut, pemain berusia 28 tahun itu akhirnya berkeinginan datang ke Aceh untuk menemui Martunis. "Itulah sebabnya, Ronaldo sangat mencintai mangrove dan langsung menyatakan jika dirinya mau menjadi duta mangrove Bali," ia menambahkan.

Sementara itu, setelah menerima sertifikat dari Menteri Kehutanan, Ronaldo menyatakan sangat senang menjadi duta forum peduli Mangrove Bali.

Kekasih top model Irina Shayk itu juga berterima kasih kepada Presiden SBY karena merelakan waktunya untuk bersama-sama menanam mangrove di Bali. "Semoga dengan ini dapat mendorong masyarakat semua untuk lebih tertarik menanam dan merawat Mangrove di Bali dan Indonesia," ucap pemain terbaik dunia 2008 itu. [arn]
sumber :  INILAH.COM

editor : Abi Zak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu