Sakit Asam Urat, Bagaimana Mengatasinya?

Sakit Asam Urat, Bagaimana Mengatasinya?

petersprinciples.com
Lokasi yang biasanya terkena gejala penumpukan kristal asam urat.
Lokasi yang biasanya terkena gejala penumpukan kristal asam urat.
A+ | Reset | A-
REPUBLIKA.CO.ID, Dok, ayah saya mengalami asam urat dan sakit serta bengkak di sendi kakinya. Sebaiknya bagaimana ya dok? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Terima kasih.
 Ahmad (27 tahun)
 Jawaban:
Hi Mas Ahmad, semoga sang ayah dalam kondisi yang terbaik. Berkaitan dengan kodisi asam urat yang diderita ayahandanya tentu harus dilakukan observasi lebih lanjut. Namun perlu diketahui bahwa asam urat adalah asam yang berbentuk kristal merupakan hasil akhir metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), yaitu salah satu komponen pada inti sel tubuh.
Secara alamiah, asam urat terdapat dalam tubuh kita (hasil metabolisme normal) dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau pun hewan (daging, jeroan, ikan sarden). Kadar asam urat normal pada pria dan wanita berbeda, pria 3,5 – 7 mg/dl sedangkan wanita 2,6 – 6 mg/dl.
Asam urat pun merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner dan hipertensi karena Kristal asam urat dapat merusak endotel (lapisan bagian dalam pembuluh darah). Jika kadar asam urat berlebih, kristal urat dapat menumpuk di ginjal dan persendian sehingga dapat menyebabkan batu ginjal, kerusakan ginjal, dan radang sendi (Gout Arthritis).
Arthritis menimbulkan peradangan pada persendian, bengkak, teraba hangat, kemerahan, nyeri dan fungsi menurun. Sebaiknya pada penderita asam urat dapat melakukan berbagai hal seperti konsumsi obat pengurang produksi asam urat, kemudian banyak minum air putih, hindari alkohol dan makanan yang mengandung putin tinggi.
Dalam hal ini, tentu sebagai dasar acuan terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda, untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dan lakukan perubahan pola hidup sehat sebagai pendukung baik peningkatan kualitas hidup sehat kita. Salam (Yovi)
 dr Yovita M, SpPD, MKes

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu