Sepanjang Rel Kenangan

Kereta Api Bogor-Bandung Beroperasi Kemungkinan Akhir Tahun Ini.


Sepanjang Rel Kenangan

JAKARTA -- Kereta api jurusan Bandung-Bogor segera beroperasi akhir 2013. PT. KAI merilis, kereta api ini merupakan kereta pengganti Kereta Rel Diesel (KRD) Bumi Geulis yang telah lama berhenti beroperasi.
Kereta api ini bakal menggunakan rute selatan. Menurut Humas PT.KAI Daops 1 Jakarta, Sukendar, jalur lintas Bandung-Sukabumi telah lama ada. “Jalur tersebut telah lama ada sejak zaman Belanda," ujarnya kepada Republika, Selasa (22/10). 
Jalur kereta api ini merupakan kereta api lintas pegunungan karena melewati daerah-daerah tinggi di Bogor, Sukabumi, dan stasiun Bandung. Kereta api yang akan digunakan bukanlah kereta api yang ada sekarang melainkan kereta api baru. “Kereta api yang digunakan adalah ekonomi AC”, ujarnya.
Saat ditanya mengenai Kereta Api Argo Parahyangan, pihaknya mengatakan, kereta api tersebut tetap beroperasi. Lintasan yang dipakai Argo Parhayangan menurutnya berbeda yakni Bandung via Bogor. Ini dimaksudkan agar penumpang merasakan pemandangan yang baru dan berbeda. 
Kereta api yang digunakan yaitu jenis lokomotif CC 201. Lokomotif ini dikenal sebagai lokomotif bertenaga diesel elektrik buatan General Electric. Saat ini, kata Sukendar, pihak PT  KAI sedang melakukan monitoring serta inspeksi lintasan agar lokomotif CC 201 dapat melintas. 
Lokomotif CC 201 juga memiliki berat  lebih dari 50 ton atau sekitar dua kali lebih besar dengan gerbong KRL Jabodetabek.
Kereta api ini akan melintasi dari Stasiun Bogor, Batu Tulis, Ciomas, Maseng, Cigombong, Cicurug, Cijambe, Parung Kuda, Cibadak, Karang Tengah, Pondok Leungsir, Cisaat, Sukabumi, hingga Bandung. “Stasiun-stasiun kecil juga akan kita renovasi,’’ ujar Sukendar. (REPUBLIKA.CO.ID,)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu