PENGANAN ASLI INDONESIA

Es Krim Sehat dari Ubi Ungu

Selama ini, masyarakat Indonesia mengonsumsi ubi ungu hanya sebatas digoreng atau direbus. Walaupun sudah ada beberapa inovasi dalam bidang kuliner yang mengolah ubi ungu menjadi bahan campuran bolu atau brownies maupun keripik.
Bosan dengan semua alternatif tersebut? Sekelompok mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) justru tertantang menghadirkan inovasi baru menggunakan ubi ungu sebagai bahan baku, yakni berupa es krim.
Para mahasiswa itu ialah Riska Dwi Astuti, Indah Rahayu Kurniasari, Irma Rohmawati, Arvia Ayunthara, dan Nanik Wijayanti. Menurut Riska, inovasi yang mereka tawarkan dapat menjadi terobosan baru variasi rasa es krim di antara variasi rasa lainnya.
"Apalagi, warna alami ubi ungu yang tajam akan membuat tampilan es krim semakin menarik namun tetap sehat karena tidak perlu tambahan pewarna makanan. Selain itu, es krim ubi ungu ini juga akan turut mengangkat ubi ungu sebagai makanan asli Indonesia yang kaya manfaat dan bisa diolah secara modern,” ujar Riska, seperti dinukil dari laman UNY.
Indah Rahayu Kurniasari menambahkan, ubi ungu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B1, riboflavin, zat besi, fosfor, kalsium, protein, lemak, dan serat kasar.
“Ubi ungu memliki khasiat yang baik untuk kesehatan karena di dalam warna ungu tersebut terdapat sebagai antioksidan yang dapat menyerap racun, dapat membantu kekebalan tubuh, serta menghambat penggumpalan sel-sel darah. Selain itu, ubi juga mempunyai prebiotik, oligosakarida, dan kadar glycemic index yang rendah," tutur Indah.
Lantas, bagaimana proses pembuatan es krim ubi ungu? Irma Rohmawati meneranagkan, langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengupas ubi ungu. Kemudian, cuci bersih ubi ungu yang telah dikupas lalu direbus.
"Setelah matang, tumbuk ubi hingga halus. Sementara itu, panaskan air, masukkan susu cair dan ubi serta gula. Angkat dan sisihkan. Campurkan susu cair bersama tepung es krim, mixer dengan kecepatan sedang," jelas Irma.
Selanjutnya, masukkan adonan ubi ungu, haluskan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Tuangkan dalam loyang stainless steel lalu masukkan dalam freezer selama 4—5 jam.
"Es krim ubi ungu pun siap untuk disajikan. Es krim ini disajikan dalam beberapa topping di antaranya potongan brownies, coklat cair, atau meises," tutupnya. [ciputraentrepreneurship.com]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Markas Kopassus, Cijantung