Diam-Diam Pemerintah AS Sadap Telepon Wartawan AP



Diam-Diam Pemerintah AS Sadap Telepon Wartawan AP  

Diam-Diam Pemerintah AS Sadap Telepon Wartawan AP   

TEMPO.COWashington - Kantor berita Associated Presspada hari Senin mengatakan pemerintah AS diam-diam menyalin catatan telepon kantor mereka dan beberapa wartawan untuk jangka waktu dua bulan pada tahun 2012. Mereka menggambarkan tindakan ini sebagai "besar-besaran dan intrusi yang belum pernah terjadi sebelumnya" dalam praktik jurnalistik di AS.

Chief Executive AP, Gary Pruitt, dalam sebuah surat yang diposting di website mereka, menyatakan AP diberitahu Jumat lalu bahwa Departemen Kehakiman mengumpulkan catatan selama lebih dari 20 saluran telepon yang ditetapkan untuk kantor mereka dan wartawannya.

"Tidak akan ada pembenaran yang mungkin untuk sebuah koleksi diam-diam dari komunikasi telepon Associated Pressdan wartawannya," kata Pruitt dalam surat itu, yang ditujukan kepada Jaksa Agung Eric Holder.

Sebuah laporan AP tak menyebut mengapa pemerintah berkepentingan mengetahui catatan telepon mereka. Namun sebelumnya, pejabat AS pernah menyatakan Kejaksaan di District of Columbia telah melakukan penyelidikan kriminal atas informasi yang terkandung dalam laporan AP tanggal 7 Mei 2012. Dalam laporan itu AP bercerita tentang operasi CIA di Yaman yang berhasil mencegah rencana Al Qaeda untuk meledakkan bom di pesawat menuju Amerika Serikat.

Lima wartawan dan editor yang terlibat dalam cerita itulah di antara mereka yang teleponnya disadap oleh pemerintah, kataAP.

Catatan telepon yang 'diintip' pemerintah adalah selama periode April dan Mei 2012. Sedang biro AP yang disadap adalah di New York, Hartford, dan Washington. Di antara nomor yang diintip adalah untuk keperluan faksimili. 

REUTERS | TRIP B

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu