Ini Dia Spesifikasi KRI 'Siluman' Klewang yang Terbakar




Ini Dia Spesifikasi KRI 'Siluman' Klewang yang Terbakar

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
KRI Klewang (bendera biru), mirip dengan USS Independence
Jakarta - Kapal siluman KRI Klewang yang terbakar di Banyuwangi Jumat lalu memiliki spesifikasi canggih. Wajar saja harganya mencapai Rp 114 miliar.

KRI Klewang diperkenalkan pada 31 Agustus 2012 lalu oleh perusahaan PT Lundin Industry yang memproduksi KRI Klewang. Kapal patroli sepanjang 63 meter yang dilengkapi rudal dan sistem trimaran ini dibuat khusus untuk TNI-AL.

Kapal ini dibuat selama 2 tahun, hasil kerjasama PT Lundin yang terletak di Banyuwangi, Jatim, dengan arsitek armada angkatan laut Selandia Baru, LOMOcean Desain Ltd.

Kapal yang disebut mirip USS Independece ini dianggap langkah maju dalam teknologi kapal perang di negara-negara di luar Eropa dan Amerika Serikat. Menawarkan stabilitas di perairan dangkal, KRI Klewang dirancang untuk berpatroli di daerah pesisir.

Desain kapal dibuat khusus untuk mempertahankan kecepatan tinggi di tengah cuaca buruk untuk memaksimalkan kemampuan operasional kapal di zona laut yang curam yang merupakan karakteristik garis pantai Indonesia.

Kapal ini didesain dengan trimaran, posisi ketiga lambung telah dirancang khusus, masing-masing dilengkapi dengan mesin jet MPK 550 untuk memaksimalkan daya dorong. Penggunaan bahan serat karbon selama ini juga belum pernah diterapkan pada armada angkatan laut di luar Skandinavia.

Kapal yang kini tinggal bangkainya saja ini diproduksi dengan teknik manufaktur yang sangat maju. Produsen menjanjikan kualitas yang terbaik. Kapal ini juga dilengkapi dengan tempat khusus untuk pasukan, termasuk tower setinggi 11 meter.

Sistem tiga lambung (trimaran) memungkinkan kapal ini membawa cukup banyak senjata. Kapal ini dapat membawa berbagai rudal , termasuk tipe 705, RBS15, dan sebagainya. Kapal ini awalnya diharapkan dapat beroperasi penuh pada tahun 2013 nanti.

Spesifikasi Umum

Panjang keseluruhan: 63 meter
Panjang haluan: 61 meter
Panjang balok: 16 meter
Lambung yang terendam di dalam air: 1,2 meter
Kecepatan rata-rata: 30 knot
Kapasitas bahan bakar: 50.000 liter
Mesin utama: 4

Kemampuan Kapal

1. Alutsista laut yang sangat mumpuni dan bisa dilengkapi persenjataan tangguh
2. Bisa dilengkapi rudal, senjata angkatan laut, dan senjata ringan
3. Sangat kokoh, ringan, konstruksi kapal dibangun dari serat karbon
4. Bisa dioperasikan di perairan pantai yang dangkal
5. Kecepatan rata-rata tinggi dalam cuacau buruk
6. Mampu menempuh perjalanan jauh dengan sedikit awak kapal
7. Didesain khusus bebas dari pantauan radar

(van/nrl)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu