Jet Militer Yaman Celaka di Sanaa, 4 Rumah Hancur



Jet Militer Yaman Celaka di Sanaa, 4 Rumah Hancur  

Jet Militer Yaman Celaka di Sanaa, 4 Rumah Hancur  

TEMPO.COSanaa - Sebuah jet militer Yaman buatan Rusia mengalami kecelakaan di daerah permukiman di ibu kota Sanaa menewaskan pilotnya.

Menurut pejabat angkatan bersenjata Yaman, pesawat tempur jenis Sukhoi menghujam bumi pada Senin, 13 Mei 2013, di kawasan penduduk, Distrik Al-Asbahi, sebelah selatan Sanaa.

Koresponden Al Jazeera, Adam Haynes, mengatakan, sejumlah saksi mata melihat pesawat hancur sebelum menimpa bumi. "Sedikitnya empat rumah terbakar," ujar Haynes.

Kecelakaan pesawat ini merupakan kedua kalinya terjadi di ibu kota pada tahun ini setelah sebelumnya 12 orang tewas akibat kecelakaan pesawat pada Februari 2013 saat jet militer menimpa sebuah gedung di daerah permukiman.

Informasi yang diperoleh Al Jazeera menyebutkan, pesawat Yaman yang jatuh diidentifikasi jenis jet tempur serbu Sukhoi SU-22 saat melakukan sebuah misi latihan setelah lepas landas dari pangkalan udara tak jauh dari bandar udara internasional Sanaa atau hanya 15 kilometer sebelah utara ibu kota.

Kecelakaan pesawat udara lazim dialami oleh negara-negara di jazirah Arab miskin. Pada November 2012, sebuah pesawat udara Yaman, Antonov M26, jatuh dalam misi latihan di sebelah utara Sanaa menewaskan seluruh penumpangnya berjumlah 10 orang.
Pada Oktober 2012, sebuah jet tempur dalam latihan rutin jatuh ketika lepas landas menyebabkan pilotnya tewas dan melukai seluruh awak pesawat lainnya. Kecelakaan ini, menurut Menteri Pertahanan, akibat ada kesalahan teknis. Sebelumnya, Oktober 2011, empat orang tewas ketika sebuah pesawat Antonov jatuh di landasan pacu di pangkalan udara Al-Anad, selatan Yaman.

AL JAZEERA | CHOIRUL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu