Rusia Minta Dubes AS Jelaskan Soal Agen CIA Menyamar Jadi Staf Kedubes


Rusia Minta Dubes AS Jelaskan Soal Agen CIA Menyamar Jadi Staf Kedubes



Moskow, - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Rusia, Michael McFaul dipanggil Kementerian Luar Negeri Rusia untuk menjelaskan tentang keberadaan seorang agen CIA yang menyamar sebagai pejabat Kedubes AS. 

Pemerintah Rusia pada Selasa, 14 Mei telah memerintahkan pengusiran Ryan C. Fogle, yang menjabat sekretaris ketiga bagian politik Kedubes AS di Moskow. Pengusiran ini dilakukan setelah terungkap bahwa Fogler ternyata seorang agen CIA yang menyamar.

Untuk menjelaskan soal ini, McFaul dipanggil untuk menemui para pejabat Kementerian Luar Negeri Rusia. McFaul tiba di kementerian sekitar pukul 10 pagi waktu setempat. Namun dia menolak berbicara kepada para jurnalis yang mencegatnya di pintu masuk gedung kementerian.

Menurut kantor berita RIA Novosti, seperti dilansir AFP, Rabu (15/5/2013), McFaul berada di dalam gedung tersebut tidak begitu lama. Usai pertemuan singkat itu pun, McFaul tetap tidak mau mengomentari pertanyaan wartawan. Menurut RIA Novosti, McFaul telah bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Rusia mengecam Washington atas kasus ini. Disebutkan bahwa kasus ini sebagai "tindakan provokatif dalam semangat Perang Dingin".

Gedung Putih telah memberikan pernyataan atas insiden tersebut. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Patrick Ventrell mengkonfirmasi bahwa seorang staf kedutaan AS telah ditahan, namun dilepaskan kemudian dan akan dipulangkan ke Amerika. Namun Ventrell menolak berkomentar mengenai tudingan bahwa staf tersebut merupakan agen CIA yang menyamar.

(ita/ita)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu