6 Cara Mengubah Mood Buruk Jadi Baik

6 Cara Mengubah Mood Buruk Jadi Baik

Citizen6, Jakarta: Pernah seorang teman menceritakan kisahnya. Di suatu malam, ia menggelar acara di sebuah warung kopi yang katanya tempat nongkrong para selebtwit. Namun bagi salah satu pengunjung, alamat dan nama warung kopi yang dimaksud asing, tidak ia kenali.
Dari ceritanya, ia menyusuri jalan, namun tidak menemukan padahal dilewati. Akhirnya dia datang ketika acara sudah dimulai. Akhirnya tanpa mengambil tempat duduk, ia langsung nyerocos, seperti menyalahkan panitia acara yang memilih tempat itu.

"Ok, baiklah, sampai ketemu, "kata temanku. Namun pengunjung itu menjawab, "kalau masih mood. Moodku sudah rusak!" Mendengar itu, malam berubah menjadi gelap gulita. Moodnya berantakan. Ia merasa tak bersalah, namun kenapa tiba-tiba harus menerima kemarahan seseorang? 

Barang kali Anda pernah mengalami hal serupa atau kejadian lain yang mengakibatkan mood buruk. Baik di kantor, di jalan atau di rumah. Bagaimana agar stamina mood kita tetap baik ketika banyak hal (buruk) menimpa kita. 

Berikut 6 Cara mengubah mood buruk menjadi baik:

1. Bernafaslah panjang-panjang
Salah satu penyebab mood buruk dikarenakan marah. Biasanya kalau sedang marah, nafas menjadi tidak teratur. Untuk meredamnya, bernafaslah panjang-panjang sebanyak sepuluh atau dua puluh kali. Lalu duduklah dengan tenang, santai dan tersenyumlah. Klise tapi tetap manjur.

2. Alihkan perhatian dan segera lupakan
Segeralah mengalihkan perhatian ke masalah-masalah lain yang lebih menyenangkan. Pikirkan tentang rencana liburan minggu depan atau ingat kembali peristiwa mengasyikkan sebelumnya ketika bertemu teman baru atau hal lain yang ingin dilakukan 

3. Mendengarkan musik
Musik memang mempunyai energi yang dahsyat. Ambilah headphone dan segeralah putar musik dari artis yang paling disuka. Nikmati sensasi bunyi dari alat-alat musik yang mempesona itu. Atau sensasi suara penyanyinya. Dijamin mood yang buruk pelan-pelan akan berubah menjadi netral kemudian menjadi baik.

4. Hubungi teman (baru)
Ketika semua sudah terhubung, kita akan sangat mudah menghubungi teman kapan saja di mana saja dan memakai tools apa saja. Menyapa dan berbagi cerita dengan teman adalah momen yang menyenangkan. Kalau perlu berkenalanlah dengan teman-teman baru yang selama ini belum sempat kau sapa. Biasanya berkenalan dengan orang baru itu bisa menginspirasi. Mood anda yang buruk pun akan terlupakan

5. Menulislah
Mengekspresikan perasaan ke dalam tulisan memang sudah diyakini bisa membuat seseorang menjadi fresh. Karena semua beban yang ada di kepala bisa ditumpahkan tanpa perlu adanya kekhawatiran. Simpanlah tulisan tersebut ke sebuah folder tersendiri dan bukalah dan baca lagi suatu hari nanti. Kelak tulisan anda akan berubah menjadi sebuah kisah masa lalu yang lalu.

6. Mengubah mindset
Mungkin ini hal yang terpenting untuk mengubah mindset bahwa semua hal pasti akan ada akhirnya. Begitu juga dengan peristiwa yang membuat mood Anda menjadi buruk. Dengan selalu berpikir positif, bahwa "badai pasti berlalu" atau "habis gelap terbitlah terang" kita akan selalu siap menghadapi hal-hal diluar keinginan kita. Sehingga ketika ada hal buruk menimpa, kita akan tetap cool, karena itu pasti hanya sementara. (kw)

Selamat mencoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu