Menteri Suryadharma: Ahmadiyah Tak Patuhi 3 Aturan

Menteri Suryadharma: Ahmadiyah Tak Patuhi 3 Aturan

TEMPO.COJakarta - Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan Ahmadiyah tak mematuhi sembilan dari 12 aturan yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri. "Yang sering dilanggar ada tiga aturan," kata Suryadharma di Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Jakarta, Kamis, 30 Mei 2013.
Ketiga aturan yang tak dipatuhi adalah pengakuan jemaat Ahmadiyah terhadap Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi, mempertahankan tazkirah sebagai kitab suci yang bukan kitab suci umat Islam, dan mempertahankan masjidnya yang tidak bisa dipergunakan oleh selain jemaat Ahmadiyah.
Atas dasar itu, Menteri Agama Suryadharma Ali menganggapAhmadiyah jelas bukan Islam. Alasannya, Ahmadiyah sudah melanggar SKB tiga menteri (Menteri Agama, Jaksa Agung, dan Menteri Dalam Negeri).
Menteri Agama menilai tak masalah Ahmadiyah keluar dari Islam. "Tapi kalau Ahmadiyah mengklaim bagian Islam, mereka harus memikirkan umat Islam umum," ujarnya.
Namun, Suryadharma justru tak merinci aturan yang dipatuhi oleh jemaat Ahmadiyah. "Saya lupa, nanti disampaikan."
Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan pemerintah menjamin kebebasan beragama karena hak asasi. Namun, kata dia, dalam implementasinya tak merampas hak umat lain.
Pemerintah akan melakukan langkah-langkah pembinaan, evaluasi, dan penyikapan terhadap jemaat Ahmadiyah. Ia menganggap diperlukan dialog-dialog antar pihak untuk kembali ke komitmen, baik pra maupun pasca SKB tiga menteri. (Baca Lengkap: Sepak Terjang Jemaah Ahmadiyah)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu