Wanita Indonesia Tewas dalam Unjuk Rasa di Arab Saudi


Wanita Indonesia Tewas dalam Unjuk Rasa di Arab Saudi



Jeddah, Arab Saudi (AFP/ANTARA) - Seorang wanita Indonesia tewas pada Minggu karena api yang dinyalakan demonstran di konsulat negaranya di barat Arab Saudi, tempat ribuan orang ingin melegalkan status imigrasi mereka, ujar seorang sumber konsulat Indonesia.
Sekitar 8.000 warga Indonesia yang berkumpul di depan konsulat di Jeddah berusaha mencari kejelasan tentang status mereka. Mereka dinyatakan sebagai pekerja asing ilegal di Saudi, menghadapi tenggat waktu untuk melegalkan posisi mereka atau keluar dari negara tersebut.
“Beberapa dari mereka menyalakan api di dekat dinding konsulat, berusaha masuk dengan paksa, namun akhirnya menyebabkan seorang wanita tewas,” ujar sumber tersebut.
Sebelum menyalakan api, batu dilemparkan ke gedung konsulat oleh para pekerja Indonesia yang frustrasi karena menunggu cukup lama untuk menyelesaikan kasus mereka.
Aksi para demonstran berhasil “dibatasi dinding kompleks dan tidak menyentuh kantornya,” ujar sumber konsulat.
€œApi sudah bisa dikendalikan,” ujar seorang sumber kepolisian.
Sekitar 180.000 pekerja asing ilegal sudah meninggalkan Arab Saudi sejak 1 April, di bawah amnesti yang mengizinkan mereka menyelesaikan status perizinan atau keluar tanpa membayar penalti, lapor sebuah surat kabar pada Minggu.
Sekitar 380.000 pekerja asing sudah keluar dari Arab Saudi sejak awal tahun ini.
Pekerja tanpa surat izin legal mengkhawatirkan nasib mereka, karena pelanggar aturan imigrasi di kerajaan kaya minyak tersebut akan menghadapi penalti ketika periode amnesti berakhir pada 3 Juli, dengan hukuman meliputi penjara maksimal dua tahun dan denda sebesar 100.000 riyal (sekitar Rp261,9 juta).(dh/pt)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu