Jenderal Mesir Abdul Fattah As-Sisi-memberitahu Israel terkait Kudeta


Jenderal Mesir Abdul Fattah As-Sisi-memberitahu Israel  terkait Kudeta

Kairo, 9 Ramadhan 1434/17 Juli 2013 (MINA) - Analis militer Israel Roni Daniel mengungkapkan Jenderal Mesir Abdul Fattah As-Sisi-memberitahu Israel  terkait usahanya  menggulingkan Presiden Muhamad Mursi tiga hari sebelum kudeta.
Berbicara ke saluran TV Israel 2 pada  Ahad lalu, Daniel mengatakan As-Sisi meminta Israel untuk memantau gerakan Islam Palestina Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, Midle East Monitor (MEMO) melaporkan yang dipantau MINA (Mi'raj News Agency).
Dia mengatakan As-Sisi takut kepada Hamas,mengingat Hamas memiliki hubungan baik dengan Mursi, namun rasa takutnya memudar setelah Israel meyakinkan bahwa mereka memiliki pengawasan ketat di Gaza.
“Israel juga yang menyarankan Al-Sisi untuk menghancurkan terowongan, “ kata ahli  Israel itu.
Daniel menegaskan kudeta militer di Mesir  sangat berguna  bagi Israel dan menjadi "kebutuhan mendesak" Israel  serta keamanannya, melihat mereka terus menerus melakukan serangan terhadap warga dan penghancuran  area masjid al-Aqsha yang kerap teralihkan oleh isu ‘panas’ Mesir.
Analis militer itu tidak ragu-ragu mengkonfirmasi berita tentang kontak antara As-Sisi, Muhamad El Baradei  dengan pejabat pemerintah Israel.
Dia mengatakan El-Baradei bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sekali sebelum kudeta dan lagi setelah kudeta. Menurut Daniel, Israel menjanjikan El-Baradei terkait lobi untuk pengakuan Barat akan pemerintah barunya (setelah kudeta Mursi).
Tentara Mesir mulai merusak terowongan Gaza beberapa hari sebelum kudeta terjadi. Terowongan adalah alternative utama bagi pasokan kebutuhan dan kehidupan warga Gaza yang telah  menghadapi blokade Israel yang  didukung secara internasional sejak 2006.
Meskipun  menghadapi tuduhan media Mesir dan elit anti-Mursi , Hamas menegaskan posisi mereka terkait krisis yang terjadi di Mesir. Mereka mengatakan tidak  akan mencampuri urusan internal Negara pyramid itu.

mirajnews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu