Bawang Putih Mentah Sahabat Jantung

Kembali Ke Herbal

Bawang Putih Mentah Sahabat Jantung

Bawang Putih Mentah Sahabat Jantung
Berbagai macam antioksidan terkandung dalam bawang putih, sehingga salah satu jenis bumbu dapur ini bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai sahabat jantung. Menurut suatu penelitianbawang putih yang segar (mentah) berefek menyehatkan jantung lebih baik ketimbang bawang kering.
Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, bawang putih segar itu harus dilumatkan atau dicincang sebelum dikonsumsi.
Proses memotong-motong bawang itu membuat komponen hidrogen sulfida dalam bawang menjadi aktif dan berfungsi membuat rileks pembuluh darah.
Menurut peneliti tentang bawang itu, Dipak K. Das bersama timnya, hidrogen sulfida beraksi sebagai pembawa pesan kimiawi yang akan merilekskan pembuluh darah sehingga darah akan mengalir lancar. Pemasakan atau pemrosesan bawang putih akan mengurangi kemampuan untuk mengaktifkan hidrogen sulfida.
"Bawang yang diproses maupun bawang putih segar yang dicincang sebetulnya dapat mengurangi kerusakan akibat kurangnya aliran oksigen di dalam pembuluh darah. "Akan tetapi bawang segar yang diremuk memiliki efek yang lebih hebat dalam memperbaiki aliran darah di dalam aorta dan meningkatkan tekanan di dalam ventrikel kiri jantung," ungkap Das.
Hasil penelitiannya yang menggunakan tikus itu dipublikasikan lewat Journal of Agricultural and Food Chemistry. (TRIBUNNEWS.COM)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu