HEBOH KPK


Suswono (PKS) : Saya Serahkan Gratifikasi Rp 1,2 M ke KPK, tapi Tidak Heboh Kayak Penyerahan Gitar
JakartaMenteri Pertanian Suswono bicara terang-terangan soal uang gratifikasi yang diterimanya saat menjadi anggota DPR periode 2004-2009. Semasa memimpin Komisi IV DPR, Suswono mengakui menerima uang grativikasi sebesar Rp1,2 miliar. Uang tersebut sudah dilaporkan dan diserahkannya kepada KPK.

“Selama 2007-2008, saya mendapatkan kurang lebih Rp1,2 miliar,” kata Suswono saat bersaksi untuk Anggoro Widjojo, terdakwa suap revatilisasi SKRT di Kemenhut, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (4/6/2014).
Tapi Suswono mengaku sengaja tidak ‘mempublikasikan’ penyerahan duit yang diterima ke KPK.

“Saya sudah cukup banyak menyerahkan gratifikasi. Cuma cara penyerahan saya tidak kayak penyerahan gitar, artinya tidak heboh,” ujar Suswono usai bersaksi.
Suswono menegaskan pejabat negara wajib melaporkan penerimaan gratifikasi ke KPK karena itu uang-uang yang diterima Suswono saat duduk sebagai anggota DPR langsung diserahkan.

Kebanyakan uang yang diterima Suswono dititipkan melalui pihak lain. Karena tidak diterima langsung dari si pemberi, Suswono memilih untuk menyerahkan ke KPK.
“Ada kekhawatiran, pertama kalau kita tolak apakah si perantara yang memberikan dana itu mengembalikan betul nggak kepada si pemberi. Yang kedua kalau toh kembali kepada si pemberi, apakah nama saya dihapus tidak? Dokumen yang mungkin disana sudah ditulis melakukan pemberian kepada wakil ketua misalnya. Itulah yang kita khawatirkan,” tuturnya.
Karena itu, Suswono bersama fraksinya PKS di DPR pernah berkonsultasi dengan pimpinan KPK. “Saran pimpinan KPK sebaiknya diterima tetap diserahkan ke KPK sebagai gratifikasi,” katanya.

Siapa yang disindir soal hebohnya pengembalian gitar, Suswono tidak menyebut nama. Dia tertawa ketika disebut nama Joko Widodo.
Jokowi memang pernah mengembalikan gitar bass dari bassis Metallica, Robert Trujillo pada akhir tahun 2013. Saat itu pengembalian gitar ramai diberitakan media massa. Gitar ini ditetapkan sebagai gratifikasi oleh KPK. (detik/sbb/dakwatuna)

@denioktrian



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswi SMK Laporkan Kepala Sekolah Cabul

Lereng Merapi-Merbabu Dari Islam ke Kristen Lalu ke Islam Lagi

Wako Ismet Amzis Berminantu